6 Jenis Bisnis dengan Modal Kecil

header niko 728 x 90

6 Jenis Bisnis dengan Modal Kecil

6 Jenis Bisnis dengan Modal Kecil

  • Apakah kamu adalah seorang mahasiswa yang sebentar lagi lulus dan ingin punya usaha sendiri?
  • Apakah kamu adalah seorang pegawai yang ingin beralih profesi membuka usaha sendiri?
  • Apakah kamu adalah ibu rumah tangga yang ingin punya usaha sendiri?
  • Apakah kamu adalah orang yang ingin pensiun dini dan mulai buka usaha?

Jika kamu ada di kategori salah satu diatas yaitu sedang ingin membuka usaha sendiri. Hal tersebut sebaiknya segera kamu laksanakan, karena menurut survey mengatakan kalau jumlah pengusaha di Indonesia masih kecil yaitu baru sekitar 2%, presentase yang kecil jika dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN.

Buat kamu yang merasa membuka usaha itu kendala utamanya adalah masalah modal. Kamu tidak perlu kuatir, karena sudah ada beberapa bank yang menyediakan fasilitas dengan bunga kecil. Atau jika kamu merasa tidak ingin mengajukan pinjaman bank, kamu bisa membuka usaha dengan modal kecil.

Berikut ini adalah 6 jenis bisnis dengan modal kecil. Silakan disimak yah, mungkin salah satu bisnis dibawah ini membuat kamu menjadi tertarik:

1. Toko Kelontong

Bisnis toko kelontong bisa jadi bisnis yang potensial buat kamu. Toko kelontong dikenal hampir selalu ramai, karena menjual kebutuhan rumah tangga sehingga produk kebutuhan selalu habis terjual. Bisnis toko kelontong juga semakin laku, jika rumah kamu berada di depan jalan besar. Maka kamu bisa membuka toko kelontong di rumah kamu dan untuk membuka toko kelontong tidak memerlukan tempat yang luas.

Selain itu, kamu juga perlu survey terlebih dahulu apakah sudah ada toko kelontong sebelumnya di sekitar rumah kamu. Jika belum ada, ini bisa jadi potensi yang besar namun apabila sudah ada jangan menyerah, karena kamu bisa berikan dengan harga yang bersaing.

2. Pulsa Elektrik

Bisnis pulsa elektrik bisa dibilang salah satu bisnis yang ramai dicari orang, karena hampir semua orang dari berbagai profesi sudah memiliki handphone. Maka setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan mereka akan mengisi ulang pulsa mereka.

Jika kamu membuka bisnis pulsa elektrik, sebaiknya kamu mulai memasarkan orang di sekitar kamu sebagai target marketnya. Bisnis ini menarik karena selain mudah, juga tidak membutuhkan banyak biaya dan tenaga. Itulah mengapa semua orang bisa membuka bisnis pulsa elektrik ini.

3. Restoran

Membuka bisnis restoran atau kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak perlu butuh banyak modal. Kuncinya disini adalah kamu sudah harus mahir dalam memasak, karena bisnis makanan ini harus memperhatikan rasa makanan dan tingkat higienisnya. Sebaiknya kamu membuat standar mutu dan rasa makanan yang akan kamu jual, selain itu juga konsepnya harus beda dan unik. Agar orang selalu ingat restoran kamu.

4. Laundry

Bisnis ini sangat ramai jika dibuka di lokasi pusat kota. Mengapa? Banyak orang yang tinggal di kota besar terutama mereka yang ngekost, pasti sudah tidak sempat untuk melakukan beberapa hal seperti mencuci pakaian hingga menyetrika pakaian.

Kamu hanya membutuhkan beberapa mesin cuci dan kamu kerjakan sendiri, atau kamu bisa juga menyediakan jasa sewa mencuci dengan mesan cuci sendiri kepada pelanggan. Untuk membuka bisnis laundry, sebaiknya kamu buka di sekitar kost-kostan, kompleks perumahan, kampus dan beberapa tempat publik lainnya.

5. Bisnis Jahit

Untuk bisnis ini bisa dikatakan butuh modal kecil karena kamu hanya membutuhkan mesin jahit, namun dengan catatan kamu sudah ahli dalam menjahit dan mahir dalam hal mendesain pakaian. Jika tidak bisa menjahit atau desain pakaian, kamu bisa menyewa atau mencari orang yang ahli dalam hal menjahit pakaian.

6. Bisnis Butik

Bisnis yang satu ini juga tidak membutuhkan modal besar, karena kamu bisa beli grosiran. Biasanya jika beli dalam jumlah grosiran harga nya jauh lebih murah daripada beli satuan. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah pastikan pakaian yang kamu jual adalah pakaian yang up to date, unik dan sedang trend.

Kamu bisa tawarkan melalui sosial media, jika kamu tidak ingin mengeluarkan budget untuk sewa tempat.

Yuk Share Artikel >> Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someoneShare on LinkedInShare on TumblrPin on Pinterest

BANNER FREE MEMBER